Seputar Kegiatan Lapor Diri dan Orientasi PPG

Lapor Diri dan Orientasi PPG

Kegiatan awal setelah mahasiswa dinyatakan lulus daring adalah lapor diri dan kegiatan orientasi awal.

Kegiatan lapor diri dan orientasi awal adalah kegiatan perkenalan terhadap kampus serta informasi awal tentang pelaksanaan workshop/ lokakarya serta PPL.

Kegiatan lapor diri mahasiswa akan mengenal satu sama lain secara langsung serta mengetahui dimana kelas Anda nantinya akan ditempatkan. Selain itu, mahasiswa PPG harus membuat perjanjian dengan beberapa pihak terkait penyelenggara PPG antar lain pihak LPTK Anda, pihak Bank dan pihak penyelenggara PPG.

Pihak Bank yang ditunjuk kampus akan menyarankan Anda membuat rekening baru (rekening bank mungkin berbeda dengan LPTK lain) yang nantinya akan dipakai untuk biaya selama pendidikan. Pihak penyelenggara pendidikanakan memberikan dana senilai Rp 7,500,000 kepada mahasiswa dan selanjutnya mahasiswa harus menyerahkannya kepada LPTK ( kampus Anda masing masing).

Syarat-Syarat Lapor Diri dan Orientasi Awal

Disaat seperti ini, Anda harus menyiapkan beberapa dokumen saat lapor diri sebagai berikut:

1. Form A1 dan pakta integritas, Anda bisa dapatkan keduanya melalui akun sergur.id Anda dengan terlebih dahulu memasukkan nomor UKG Anda dan pasword sesuai pasword pada simPKB anda. Jika Anda lupa silakan tanyakan ke operator atau MGMP Anda

2. surat pernyataan kesediaan mengikuti PPG ( formulir disediakan oleh LPTK)

3. Surat keterangan ijin dari kepala sekolah yang menerangkan bahwa Anda diberikan ijin mengikuti PPG sampai waktu yang ditentukan

4. Pas foto berwarna terbaru ukuran 3×4 sebanyak 2 lembar ( hasil foto studio). Warna background foto merah baik laki-laki maupun perempuan

5. Fotocopy KTP dan NPWP ( untuk pembukaan rekening)

6. Materai 3 lembar

Beberapa LPTK akan memiliki kebijakan masing masing dan tidak semua sama, namun umumnya persyaratan diatas pasti ada.

Pada hari kedua saat orientasi PPG, mahasiswa akan melakukan penandatangan MoU yang sangat penting dan mahasiswa tidak boleh ada yang tidak hadir. Dengan kata lain, kelanjutan PPG Anda ditentukan pada hari orientasi ini, jika Anda tidak bersedia melakukan MoU maka kesempatan sertifikasi Anda paling cepat 5 tahun kedepan baru mulai dipanggil lagi oleh pusat dan lebih tragisnya lagi Anda harus memulai dari pre-test saat awal. MoU ini adalah kesepakatan antara mahasiswa dan penyelenggara pemerintah pusat selama kegiatan workshop dan PPL kedepan. Bentuk MoU ini adalah penandatangan kesepakatan dan pemberian dana kepada mahasiswa. Selain itu, pada kegiatan orientasi mahasiswa akan mendapatkan pembekalan dari ketua LPTK/ kampus antara lain :

1. Pentingnya sertifikat pendidik bagi guru

2. Perihal pelaksanaan workshop dan PPL ( nantinya PPL ditentukan oleh LPTK atau oleh masing masing mahasiswa) disini akan ada kesepakatan bersama

3. Jadwal workshop selama 1 bulan ( mulai jam 07.00 – 17.45) hari senin – sabtu) jadi pertimbangkan baik baik tempat tinggal, keluarga yang akan ditinggal atau dibawa.

4. Informasi sekitar UKin dan UP

Baca Juga:

Pada kesempatan orientasi ini, mahasiswa dipersilakan untuk menanyakan segala hal yang belum diketahuinya agar tidak merugikannya saat kegiatan workshop dan PPL.

Demikian gambaran pengenalan diri yang berupa lapor diri dan orientasi. Waktu kegiatan orientasi diseluruh indonesia adalah sama, dengan materi yang sama. Jadi diharapkan mahasiswa benar benar memahami.

Silakan share kepada yang lain agar bermanfaat.

Link Penting:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please wait...

Silakan Bantu Subscribe GRATIS

Dapatkan notifikasi update terbaru via e-mail. Isikan nama dan email Anda terlebih dahulu. Semoga berkah.
Follow This :