Belajar Tanpa Batas

Webmatika-Website Pendidikan Berbagi

Rumus menghitung berat badan ideal menurut ahli

Rumus menghitung berat badan ideal menurut ahli-Seseorang yang mempunyai berat badan ideal tentunya menjadi lebih percaya diri. Selain itu dengam memiliki badan ideal akan memperindah penampilan. Sehingga tak heran, banyak orang berlomba-lomba untuk mencapainya.

rumus berat badan ideal

Namun, sebelum Anda berusaha untuk menurunkan atau menambah berat badan, sudahkah Anda tahu cara menghitung berat badan ideal?

Mengitung berat badan dengan Broca dan BMI

Body Mass Index (BMI) atau penyebutan dalam bahasa Indonesia Indeks Masa Tubuh (IMT) adalah cara mudah menghitung berat badan ideal berdasarkan berat badan dan tinggi badan. Untuk penghitungannya, berat badan harus dalam satuan kilogram dan tinggi badan dalam satuan meter kuadrat.

Sebagai contoh, Anda memiliki berat badan 70 kilogram dan tinggi 160 cm (1,60 meter). Kalikan tinggi badan dalam kuadrat: 1,60 x 1,60 = 2,56. Lalu, bagi angka berat badan dengan hasil kuadrat tinggi badan: 70/2,56 = 23,4.

BMI 23,4 jika dilihat berdasarkan standar WHO, kamu termasuk normal

Yuk simak penjelasan dibawah ini.

 

Baca jugacara menghitung volume tangki air berbentuk tabung

 

Cara paling sederhana adalah dengan memakai rumus berat badan ideal yang ditemukan oleh seorang dokter bedah Prancis, Pierre Paul Broca. Berikut ini cara menggunakan rumus Broca.

Berat badan normal (kg) = tinggi badan (cm) – 100 cm.

Misalnya,

Apabila Anda mempunyai tinggi badan 160 cm, berat badan ideal Anda yaitu 60 kg. Namun, rumus tersebut tidak mempertimbangkan perbedaan jenis kelamin dan hanya dapat diterapkan kepada orang dengan tinggi badan kurang dari 165 cm.

Perbedaan menghitung berat ideal untuk laki-laki dan perempuan selalu berbeda.

Mengapa?

Karena laki-laki lebih banyak beraktifitas dari pada perempuan maka energi yang dibutuhkan pun berbeda dari perempuan. Berikut ini rumus sesuai jenis kelamin.

Rumus menghitung berat badan ideal untuk laki-laki dan wanita.

Laki-laki:

Berat badan ideal (kg) = [tinggi badan (cm) – 100] – [(tinggi badan (cm) – 100) x 10%]

Wanita:

Berat badan ideal (kg) = [tinggi badan (cm) – 100] – [(tinggi badan (cm) – 100) x 15%]

contoh kasus, jika Anda adalah wanita dengan tinggi badan sebesar 162 cm, berat badan ideal Anda yaitu sebesar 62 – 9,3 = 52,7 kg. Sementara jika Anda adalah pria dengan tinggi badan 170 cm, berat badan ideal Anda yaitu sebesar 70 – 7 = 63 kg.

Namun, yang perlu diingat bahwa menghitung berat badan ideal dengan cara BMI atau Broca ini tidak selalu akurat karena ada faktor usia dan faktor berat tulang atau proporsi tubuh.

Jika kurang jelas bisa merujuk pada Bagaimana Cara Menghitung Berat Badan Ideal? | Hello Sehat

Demikian informasi mengenai rumus menghitung berat badan ideal untuk laiki-laki dan perempuan. Semoga bisa bermanfaat.

 

Belajar Tanpa Batas © 2021 Frontier Theme