Pembahasan Tugas Akhir PPG Modul 2 Kompetensi Pedagogik


4 Kompetensi yang harus dikuasai guru

Modul 2 PPG

Modul 2 kompetensi pedagogik pada kegiatan PPG merupakan pembahasan mengenai 4 kompetensi wajib yang diharuskan seorang guru untuk dipahami, diajarkan dan dipraktekkan. Kompetensi tersebut meliputi kompetensi Pedagogik, profesional, kepribadian dan kompetensi sosial.

Apakah Anda sekalian sudah memahami semua kompetensi tersebut?

Jika ya, syukurlah dan jika belum maka Anda harus bergegas untuk mempelajarinya. Mengapa?

Jawabanya simpel yaitu jika Anda belum menguasai 4 kompetensi tersebut, maka Anda belum layak menjadi seorang guru. Anda belum mampu untuk mentransfer ilmu Anda ke peserta didik dan tentunya Anda belum layak untuk mendapat pengakuan sebagai guru profesional yang bersertifikat profesi.

Baiklah,

Pada kesempatan ini, kami ingin membagikan salah satu kemungkinan jawaban pertanyaan-pertanyaan di tugas akhir modul 2 pedagogik, silakan Anda pelajari dan dijadikan gambaran untuk Anda menempuh tugas akhir PPG.

 

Pertanyaan 1.

Rumuskanlah kompetetensi guru secara utuh?

Jawab :

Ada 4 kompetensi yang harus dikuasai dan dimiikiĀ  oleh guru,yaitu

  • Kompetensi pedagogik, adalah kompetensi yang dimiliki guru berkaitan dengan segala proses belajar mengajar, penggunaan strategi belajar yang tepat, pemilihan metode belajar sesuai dengan karakteristik siswa, dsb. Guru perlu memahami bagaimana cara mengajar yang benar sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. GuruĀ  harusmerancang kegiatan belajar yang menyenangkan dan memberikan manfaat tidak hanya secara teori tetapi dalam kehidupan nyata. Guru perlu menyusun program pembelajaran meliputi perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran (RPP) dan melakukan evaluasi pembelajaran secara terus menerus.
  • Kompetensi profesional, adalah kompetensi yang dimiliki guru berkaitan dengan penguasaan bidang ilmu. Guru yang profesional memiliki keahlian tertentu yang menjadi ciri khas guru tersebut. Kemampuan ini meliputi penguasaan materi, pemahamaan yang lebih terhadap bidan yang digelutinya daripada orang awam, mampu menyelesaikan dan menunjukkan permasalahan yang ada pada siswa berkaitan dengan penguasaaan konten/materi.
  • Kompetensi kepribadian, adalah kompetensi guru berkaitan dalam diri guru meliputi sikap, sifat dan perilaku yang dijadikan contoh bagi siswanya antara lain bahwa guru harus jujur, disiplin, tegas, tanggung jawab, memiliki sifat ramah dan tidak kasar, murah senyu, sapa dan etos kerja yang tinggi, tidak mudah putus asa,mampu menjadi teladan bagi siswanya baik disekolah maupun di luar sekolah. Sifat sifat yang baik dan tingkah laku yang terpuji bisa memberikan dampak positif untuk kemajuan siswanya, karena guru itu di gugu dan ditiru.
  • Kompetensi sosial adalah kompetensi guru berkaitan dengan peran guru sebagai mahluk sosial yang hidup dalam bermasyarakat. Guru harus memiliki sikap sosial yang tinggi terhadap sesama khusunya dilingkungan masyarakat sekitar. Sikap sosial ini meliputi sikap gotong royong, saling hormat menghormati antar sesama, saling menghargai segala bentuk hal antar sesama, saling membantu dalam hal yang positif , tidak memaksakan kehendak kepada setiap orang dll. Sikap sosial perlu ditumbuhkan sejak usia anak anak agar siswa terbiasa hidup dilingkungan masyarakat dengan baik, terlebih saat dewasa anak akan menjadi bagian dari masyarakat itu seniri.

 

Pertanyaan 2:

Dalam menghadapi abad 21 ini keterampilan belajar apa yang harus dimiliki guru dan siswa?

Jawaban :

Dalam abad 21 keterampilan belajar yang harus dimiliki seorang siswa adalah siswa harus terampil dalam menguasai teknologi informasi (TIK)dan internet. Kemampuan ini wajib karena abad 21 penuh dengan teknologi digital,semua informasi disampaikan dalam bentuk digital, bahkan semua kegiatan pembelajaran dilaksanakan secara online mulai dari tatap muka virtual sampai kegiatan penilaian.Segala sumber belajar sudah tersedia di internet, guru bukan lagi menjadi sumber belajar utama. Tanpa kemampuan ini siswa akan tertinggal dan tidak dapat beradaptasi dalam kehidupannya mendatang. Selain itu ada keterampilan lain yang penting untuk siswa yaitu siswa harus memiliki sifat keingintahuan yang tinggi, kreatif dalam mengolah informasi yang tersedia, tidak malas untuk belajar terus menerus secara mandiri, haus akan ilmu, harus memiliki sifat tidak mudah menyerah, tau batasan dan mawas diri. Semua karaktristik positif yang ada pada diri siswa akan mampu menjadikan siswa memanfaatkan teknologi di barengi dengan sikap diri yang mawas.

Kemampuan/keterampilan yang harus dimiliki oleh guru meliputi keterampilan penguasaan TIK dan internet, kreatif dan inovatif serta terampil dalam mengkondisikann siswa untuk belajar sebagai fasilitator, dinamisator dan motivator. Semua keterampilan tersebut wajib dimiliki agar guru tidak ketinggalan jaman dan mampu menyesuaikan dalam proses belajar mengajar abad 21.

 

Pertanyaan 3:

Buatlah rancangan strategi pengembangan guru berkelanjutan

Jawab :

Strategi Pengembangan (PKB)
Penyusunan RPP PKB oleh guru sendiri PKB oleh teman sejawat disekolah PKB oleh MGMP sekolah/kabupaten PKB oleh instansi lain
Perencanaan pembelajaran
Kemampuan menyusun bahan ajar secara runtut, logis dan kontektual
Kemampuan merencanakan pembelajaran efektif
Kemampuan pemilihan media/sumber belajar sesuai materi dan strategi pembelajaran
Kegiatan pelaksanaan Pembelajaran
Kemampuan apersepsi efektif
Keterampilan penguasaan materi
Kemampuan komunikasi yang efektif
Pemanfaatan sumber belajar yang efektif
Kemampuan mengelola pembelajaran efektif
Kemampuan menerapkan strategi dan metode pembelajan efektif
Kegiatan Penilaian pembelajaran
Kemampuan pemilihan alat evaluasi yang sesuai dan efektif
Pemilihan metode penilaian otentik
Pemanfaatan berbagai hasil penilaian untuk memberikan umpan balik dan kemajuan peserta didik
PKB oleh guru sendiri PKB oleh teman sejawat disekolah PKB oleh MGMP sekolah/kabupaten PKB oleh instansi lain
Kompetensi menghasilkan publikasi ilmiah
Kemampuan menghasilkan karya inovatif
Kemampuan TIK untuk menunjang pembelajaran digital
Kompetensi penguasaan pelaksanaan tugas tambahan di sekolah

 

Di isi dengan ceklis*

Demikian pembahasan salah satu alternatif jawaban. Silakan Anda sebarkan dan jangan lupa daftarkan diri Anda untuk subscribe guna memperoleh pemberitahuan update materi terbaru. Semoga bermanfaat.

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please wait...

Silakan Bantu Subscribe GRATIS

Dapatkan notifikasi update terbaru via e-mail. Isikan nama dan email Anda terlebih dahulu. Semoga berkah.
Follow This :