Pastikan Anda Mengetahui 7 Hal ini Sebelum Daring PPG

Apa itu PPG?

Buat para guru atau tenaga pendidik tentunya mengetahui apa itu PPG. PPG adalah program Pendidikan Profesi Guru untuk mendapatkan pengakuan dari pemerintah sebagai tenaga pendidik yang bersertifikat. Bersertifikat diartikan jika guru telah menempuh PPG maka otomatis guru tersebut telah memiliki sertifikat pendidik yang sudah diakui pemerintah. Sebagai timbal baliknya guru tersebut akan mendapatkan program sertifikasi dari pemerintah. Program sertifikasi tersebut dapat berupa tunjangan kesejahteraan yang diberikan oleh pemerintah setiap jangka waktu tertentu.

PPG yang dilakukan oleh pemerintah tidak semata-mata setiap guru langsung dapat ikut serta. Pemerintah telah menyiapkan strategi dalam menyeleksi setiap calon peserta PPG. Strategi untuk menyeleksi calon peserta PPG adalah setiap calon harus lulus pretest  dari uji kompetensi.

 

Berikut strategi sebelum Anda PPG yang perlu disiapkan yang saya rangkum selama mengikuti kegiatan PPG.


Tips # 1 –¬† Pelajari materi profesional bidang Anda

Mempelajari hal yang sesuai bidang yang digeluti tentunya akan semakin mudah dibandingkan bidang lainya yang bukan bidangnya. Hal ini yang menjadi persyaratan utama agar Anda lulus pretest PPG. Pelajari materi yang terdapat di SBMPTN jenjang SMA terutama pada bagian tes kepribadian dan psikotes. Materi tersebut banyak keluar saat pretest. Hal ini berdasarkan pengalaman penulis.

 

Tips # 2 – Pantau selalu sergur.id

Semua pengumuman dan informasi yang terkait pelaksanaan PPG akan Anda dapatkan hanya di web pemerintah. Dalam hal ini silakan buka di sergur.id. Ketika ada hal yang tidak Anda ketahui di halaman sergur.id, Anda bisa bertanya pada admin sekolah masing-masing atau melalui helpdesk yang tercantum dihalaman tersebut. Jika admin sekolah menemui kendala, mereka akan meneruskannya melalui KCD masing-masing wilayah. Intinya si pantau terus web tersebut jangan sampai tidak lulus gara-gara telat info di website tersebut.

 

Tips # 3 – Buatlah grup whatsaapp

Jujur saja keberadaan grup whatsapp sangatlah penting. Mengapa? biasanya sesama anggota grup selalu memberikan informasi terbaru dan terupdate sekitar pelaksanaan PPG, tidak heran jika Anda juga mengetahui hal itu dengan sangat cepat. Carilah teman-teman yang memiliki tujuan yang sama dan buatlah grup, nantinya grup tersebut akan dishare dan akan banyak anggota-anggota baru yang bermunculan. Melalui grup ini semua informasi akan ada dalam genggaman Anda dan Anda tidak akan takut ketinggalan informasi. Info yang sudah pernah terjadi bahwa seseorang yang tidak masuk grup, akan mengalami kesulitan untuk mendapatkan informasi terkini dan akan ketinggalan informasi. Kita ketahui bersama bahwa informasi begitu cepat dan tentunya kita tidak ingin PPG tercoret otomatis gara-gara telat karena tidak tahu dan ketinggalan informasi.

 

Tips # 4 – Siapkan perlengkapan dan data diri

Tidak ada salahnya Anda persipakan data pribadi diri Anda seperti KTP, NPWP, laptop, HP, Printer dan ijasah secara lengkap. Biasanya waktu yang diberikan setelah kita dinyatakan lulus dan mengikuti PPG tidaklah banyak. Sangatlah tidak bijak jika kita baru menyiapkan semua itu saat sudah dinyatakan lulus dan siap untuk PPG. Jangan lupa surat-surat yang biasanya memiliki jangka waktu sebentar seperti surat bebas narkoba dan SKCK, Anda harus pintar mengatur startegi agar tidak sia-sia Anda membuatnya. Buatlah tempat yang rapi dan masukkan semua berkas dalam tempat file yang aman dan lengkap agar memudahkan Anda dalam mengatur dan mengambilnya. Intinya supaya tidak tercecer keman-mana.

 

Tips # 5 – Persiapkan keuangan Anda

Keuangan adalah hal yang cukup penting selama pelaksanaan PPG. Buatlah daftar pengeluaran selama 4-5 bulan selama kegiatan ini. Misanya pada kegiatan daring buatlah anggaran untuk membeli kuota internet selama 2-3 bulan, setelah itu persiapkan untuk biaya tempat tinggal untuk 1-2 bulan kedepan. Pertimbangkan biaya tempat tinggal disekitar kampus, Anda bisa gunakan google untuk mencari perkiraan biaya tempat tinggal, biaya makan, biaya kebutuhan selama kegiatan seperti fotocopy modul dan printout, transport dan lain sebagainya. Gunakanlah keuangan Anda dengan bijak. Jangan boros dan tidak perlu membeli sesuatu yang tidak perlu misal membeli kulkas atau kasur selama pendidikan, boleh saja tetapi menurut saya hal itu tidak perlu. Anda bisa mencari tempat tinggal dalam bentuk kos yang sudah ada kasur, almari, kulkas dan lain sebagainya. Hanya dengan perencanaan, maka keuangan Anda akan bisa diatur dengan baik.

 

Tips # 6 – Sediakan waktu 4 Jam online perhari

Kegiatan daring mengharuskan mahasiswa mengakses website Spada dengan minimal online minimal 3 jam 25 menitan sehari selama kurang lebih 2-3 bulan. Dengan alokasi waktu tersebut maka mahasiswa sudah memenuhi jumlah jam SKS yang menjadi salah satu syarat kelulusan daring. Anda tidak bisa hanya online seperlunya saja. Usahakan ketika sedang mengerjakan tugas online maupun offline, Anda tetap login dalam akun Anda karena hal itu akan dihitung sebagai waktu aktif Anda. Anda tidak harus sekaligus langsung 4 jam perhari, bisa di cicil pagi 1 jam, siang 1 jam dan malam sisanya. Banyak-banyaklah mengetik dan klik sana-sini di menu spada karena hal itu akan menambah Hits Anda dan tentunya positif untuk penilaian daring Anda.

 

Tips # 7 – Bekerja sama dan jangan egois

Barangkali ini tips terakhir dan paling penting yaitu kerja sama. Jika Anda merasa paling pintar dan paling bisa, untuk di daring ini hilangkanlah sikap tersebut, Mengapa? Saat daring kita tidak memerlukan siapa yang paling bisa, siapa yang paling pintar, tetapi kerja sama. Kerja sama akan memudahkan kita selama daring karena kita bisa saling memberi masukan jawaban yang terbaik dari setiap peserta. Usahakan setiap peserta harus ikut ambil bagian agar adil dan aktif, Selain itu dengan kerja sama maka tugas daring yang sebegitu banyaknya tidak akan terasa berat dan akan terasa menyenagkan. Bayangkan saja Anda tiap hari harus membaca modul berpuluh-puluh halaman, mengisi diskusi, mengikuti uji tes formatif dan harus lulus diatas KKM sampai maksimal 3 kali kesempatan, belum lagi tes sumatif yang dikerjakan hanya 1 kali kesempatan dan harus lulus. Maka mulailah dengan kesepakatan bersama dan bekerja samalah.

Demikian tips sederhana yang berguna bagi calon mahasiswa PPG.

Di blog ini juga tersedia kumpulan pembahasan tugas akhir setiap modul pedagogik dan profesionalnya. Silakan Anda bookmark karena suatu saat Anda PASTI membutuhkan.

Selamat berjuang. Semoga bermanfaat, Silakan Share dan jungan lupa bantu subscribe.

Baca Juga :
Pembahasan Modul 1 Pedagogik
Pembahasan Modul 2 Profesional
2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please wait...

Silakan Bantu Subscribe GRATIS

Dapatkan notifikasi update terbaru via e-mail. Isikan nama dan email Anda terlebih dahulu. Semoga berkah.
Follow This :