Ketentuan, Syarat dan pelaksanaan UTBK dan SBMPTN 2020

Apa itu UTBK dan SBMPTN?

Halo sahabat calon mahasiswa, kali ini kami akan berbagi informasi mengenai semua ketentuan UTBK tahun 2020. UTBK adalah singkatan dari Ujian Tulis Berbasis Komputer, yaitu ujian nasional yang dilaksanakan oleh siswa setelah lulus SMA/SMK yang akan masuk ke perkuliahan/universitas negeri yang ada di seluruh indonesia.

Sebelum sobat mendaftar PTN jalur SBMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) maka kalian perlu ikut UTBK, jadi sesuai namanya UTBK ini tes yang dilaksanakan secara nasional oleh panitia pusat untuk kalian yang akan masuk ke universitas negeri. Jadi jika kalian tidak minat di universitas negeri, kalian tidak perlu repot-repot mengikuti UTBK.

Untuk mengetahui informasi terbaru tentang UTBK 2020, ada baiknya simak informasi-informasi dibawah ini dengan seksama dan diulang-ulang biar paham ya gaes…

Tes terlebih dulu baru daftar PTN

Prosedur pendaftaran masuk PTN sekarang adalah kalian mengikuti Tes UTBK terlebih dahulu, kemudian setelah mendapatkan nilai dari hasil UTBK kalian bisa menggunakan nilai tersebut untuk mendaftar ke PTN yang kalian minati dimana saja diseluruh indonesia. Prinsipnya jika nilai kalian bagus maka makin banyak kemungkinan diterima di PTN dan jurusan yang kalian minati dan sebaliknya jika nilai kalian kurang bagus, saya sarankan memilih jurusan dan PTN yang sesuai kemampuan dan minta ke jurusan tersebut sedikit. Kenapa demikian? Tentunya saingan untuk masuk ke suatu PTN banyak, tergantung minat sama nilai hasil UTBK. Intinya maksimalkan nilai di UTBK biar makin sedikit saingan dan makin besar peluang keterimanya.

Proses Pendaftaran UTBK

Silakan langkah awal adalah melakukan pendaftaran Online untuk tes UTBK sebagai berikut:
1. Membuat akun di Ltmpt melalui alamat https://portal.ltmpt.ac.id, menggunakan NISN dan NPSN (tanya ke sekolah masing-masing). Setelah melakukan pendaftaran tersebut kalian akan mendapatkan username dan password (simpan baik-baik jangan sampai lupa)
2. Mengupload pas foto berwarna, mengisi data pribadi, memilih jenis dan jadwal ujian serta lokasi pusat UTBK PTN untuk mendapatkan slip pembayaran UTBK.
3. Membayar di Bank Mandiri, Bank BNI atau BTN menggunakan slip pembayaran. Ingat Pembayaran harus dilakukan paling lambat 1×24 jam setelah pendaftaran.
4. Melakukan login ke alamat  : https://pendaftaran-utbk.sbmptn.ac.id untuk mencetak kartu peserta UTBK
5. Mengikuti tes UTBK dengan jam, hari, tanggal dan sesi serta lokasi pusat UTBK PTN yang telah dipilih.

Bolehkah berkali-kali mengikuti tes UTBK?

Dulu tahun 2018/2019 Peserta UTBK hanya diperbolehkan mengikuti sampai maksimal 2 kali. Namun perubahan penting UTBK 2020 adalah PESERTA UTBK HANYA DIPERBOLEHKAN MENGIKUTI SATU KALI TES sesuai dengan kelompok yang diikuti dan pengumuman UTBK langsung dilaksanakan secara serentak pada 12 Mei 2020.

Apa materi yang ada pada UTBK?

Materi yang diujikan pada UTBK meliputi Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) sesuai dengan kelompok ujian setiap peserta. Materi TPS meliputi kemampuan penakaran umum, pengetahuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, serta kemampuan memahami bacaan dan menulis. Sedangkan materi TKA adalah materi yang dipelajari di sekolah selama 3 tahun yang menekankan pada soal HOTS.

Anda IPA atau IPS? ini materinya.

IPA >> TPS dan TKA saintek (Matematika saintek, fisika, kimia dan biologi)
IPS >> TPS dan TKA Soshum (Matematika soshum, geografi, sejarah, sosiologi, dan ekonomi)
Setiap siswa boleh memilih ujian saintek, atau soshum atau jika ingin lintas jurusan maka harus ikuti kedua nya. Alokasi waktu setiap kelompok IPA/IPS adalah 180 menit untuk semua TPS dan TKA. Jika Anda memilih lintas jurusan atau kelompok ujian campuran maka waktu yang disediakan adalah 255 menit.

Berapa biayanya?

Biaya UTBK sebesar Rp 200.000, setiap kelompok IPA/IPS dan Rp 300.000,- untuk kelompok campuran. Biaya tersebut dapat dibayarkan melalui Bank Mandiri, Bank BNI atau Bank BTN. Biaya yang sudah di bayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun, maka dari itu pertimbangkan baik-baik sebelum mendaftar. Untuk peserta bidikmisi yang dinyatakan lolos persyaratan tidak dipungut biaya.

 

Jadwal UTBK 2020

(sumber: Kompas/15-11-2019)

1. Melakukan pendaftaran akun : 7 februari- 5 april 2020
2. Pendaftaran UTBK : 30 maret – 11 april 2020
3. Pelaksanaan UTBK : 20 -26 april 2020
4. Pengumuman hasil UTBK : 12 mei 2020

Jadwal pelaksanaan UTBK terbagi menjadi dua sesi:

1. UTBK Soshum dan saintek:
>> sesi pagi : 07.00 – 10.30
>> sesi siang : 12.30 – 16.15
2. UTBK campuran:
>> sesi pagi : 07.00 – 11.45
>> sesi siang : 12.30 – 17.15

 

Pendaftaran SBMPTN 2020

setelah kalian mendapatkan hasil nilai dari UTBK, maka kalian dapat melakukan pendaftaran ke PTN yang kalian minati. jadwalnya sebagai berikut:
1. Pendaftaran SBMPTN : 2 -13 Juni 2020
2. Pengumuman hasil seleksi jalur SBMPTN : 30 Juni 2020 (pukul 15.00 WIB)

 

Demikian informasi singkat tentang UTBK tahun 2020, semoga bermanfaat. Jika ada perubahan jadwal maupun ketentuan maka informasi resmi yang berlaku, Terima kasih

Follow This :