Dengan 7 teknik ini, konsep matematika akan mudah Anda kuasai

Tujuh Tips dan Trik Kuasai Matematika Sampai Master

Matematika adalah pelajaran yang wajib diketahui dan dipelajari oleh sebagian besar siswa sekolah di indonesia. Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang ada di kurikulum di indonesia. Matematika belakangan ini menjadi mata pelajaran yang “Ngeri” atau istilahnya “menakutkan” mengapa? Sebagian besar siswa akan menganggap matematika sebagai pelajaran yang susah, puyeng dan membuat frustasi siswa. Maka dari itu pemahaman matematika di sekolah tentunya sangat diperlukan agar pernyataan “ngeri” pada matematika terkalahkan.

Kurikulum matematika sendiri di sekolah sudah diajarkan sejak anak memasuki sekolah dasar sampai tingkat perguruan tinggi. Semua dilakukan berjenjang dari tingkatan yang mudah menuju tingkatan yang sulit. Hal itu dilakukan karena disesuaikan dengan pemahaman anak dan tingkat kognitif perkembangan siswa.

Belajar matematika tentunya tidaklah segampang meembaca berita atau menonton film. Matematika butuh konsentrasi tinggi untuk mempelajarinya. Belajar matematika membutuhkan waktu yang tidak sedikit bahkan berjam-jam dan berhari-hari untuk mempelajari sebuah konsep baru yang dikenalnya. Setelah siswa mempelajari matematika tentunya diperlukan sebuah tes untuk mengukur tingkat pemahaman siswa. Siswa yang berhasil adalah mereka yang bisa mengalahkan dan mendapatkan nilai diatas kriteria yang ditentukan dan tentunya ada siswa yang tidak berhasil atau bisa dikatakan remidi alias zonk. Agar siswa berhasil dalam mempelajari matematika tentunya dibutuhkan cara dan teknik belajar yang tepat dan menyenangkan. Ada bebarapa cara atau teknik belajar matematika agar siswa mampu menguasai konsep dan berhasil dengan sempurna.

8 Tips sukses menyelesaikan persoalan belajar matematika

 

Tips # 1 – Latih ,latih dan berlatih..

Belajar matematika tidaklah mungkin hanya dari mendengar dan membaca. Harus dilakukan dengan kesungguhan dan habiskan waktu bersama soal-soal dan sekumpulan buku berisi rumus-rumus dan konsep yang membangun. Semakin Anda banyak menyelesaikan soal latihan maka semakin baik pemahaman Anda tentang matematika. Entah itu soal yang diulang-ulang sekian puluh kali atau bermacam-macam soal yang serupa. Lakukan pengulangan terus-menerus sepanjang waktu. Jangan berpikir hasil jawaban yang salah tetapi berpikirlah bahwa dengan latihan terus menerus maka kemungkinan salah dalam perhitungan akan semakin kecil. Jangan lari dari kenyataan.Anda perlu lebih banyak latihan soal jika Anda mau sukses dalam matematika.

 

Tips # 2 – Melihat kembali kesalahan

Selalu melakukan evaluasi setelah selesai menyelesaikan sebuah soal matematika akan memberikan kualitas peningkatan pemahaman soal 75% lebih baik. Sangat penting melihat setiap langkah yang telah diselesaikan dengan teliti dan cermat. Jika Anda membuat kesalahan maka segeralah melakukan review dimana kesalahan itu terjadi. Kesalahan sekecil apapun dalam matematika akan selalu bernilai salah dihasil akhir.Berbenah dari kesalahan dan mencoba memperbaiki kesalahan tersebut agar tidak terulang kembali di soal berikutnya.

Pelajari juga :

 

Tips # – 3 – Pahami konsep inti

Jangan biasakan untuk menghafal suatu proses penyelesaian matematika. Mengapa? Setiap soal yang dikembangkan dalam matematika pasti berbeda dari soal sebelumnya dan tentunya akan berbeda pula cara penyelesaiannya. Solusinya adalah pahami konsep inti dari materi tersebut. Jika hal ini Anda lakukan maka Anda akan selalu ingat dan tidak mudah lupa dalam menyelesaiakan soal yang berbeda-beda. Seorang guru disekolah tidak akan memberikan soal yang sama dengan soal sebelumnya. Ingat bahwa matematika adalah mata pelajaran penalaran dan analisis, artinya pelajaran yang perlu pemahaman konsep dasar terlebih dahulu sebelum Anda melakukan tes dan penyelesaian soal. Setiap soal yang dikembangkan akan membutuhkan kompleksitas pemahaman yang dapat dikembangkan dari konsep dasar.

 

Tips # 4 – Pahami dahulu ketika ragu

Hal yang wajar ketika seorang siswa “ngebleng” dan terhenti saat pelaksanaan tes atau pengerjaan soal maka siswa tersebut akan lanjut untuk mencoba soal berikutnya. Hal ini biasa dilakukan karena tidak ada lagi yang bisa dipahami. Untuk mengatasi hal ini Anda perlu waktu sejenak untuk menengkan pikiran sebentar dan berusaha memahami sisi konsep yang dibutuhkan untuk memecahkan persoalan tersebut. Kemudian disoal berikutnya Anda harus ingat tentang soal sebelumnya yang terlewatkan untuk mendapatkan konsep yang serupa. Hal ini lebih efektif dibandingkan Anda menebak setiap jawaban yang menurut Anda benar dan Anda tidak mengetahui pemecahannya.

Ingat:

Matematika membutuhkan waktu dan kesabaran untuk menguasainya dengan sempurna

Carilah kelompok belajar bersama-sama teman sekelas dan jika memungkinkan carilah guru atau pelatih yang bisa mengajarkan dan membantu solusi soal-soal matematika

 

Tips # 5 – Ciptakan lingkungan belajar menyenangkan

Matematika adalah pelajaran yang membutuhkan konsentrasi yang tinggi daripada mata pelajaran lainya. Lingkungan belajar yang menyenangkan dan tanpa tekanan menjadi salah satu faktor penting dalam keberhasilan mempelajari subjek matematika seperti geometri, trigonometri dan aljabar.

Belajar dengan diiringi musik yang merdu akan memudahkan konsentrasi dalam memahami suatu konsep. Carilah musik yang memiliki irama lembut dan intonasi yang mengalir. Gunakan pula bantuan video maupun alat peraga matematika yang berguna dalam memahami lebih cepat dan efisien.

Silakan Anda boleh buka rumus-rumus cepat dalam menyelesaiakan  soal matematika pada link :

Beberapa Materi matematika yang bisa dijadikan bahan pembelajaran

 

Tips # 6 – Ciptakan kumpulan rumus atau kamus matematika

Kumpulan rumus-rumus matematika atau kamus matematika akan sangat membantu dalam memahami konsep matematika jika Anda mengalami kelupaan. Buatlah dalam bentuk yang menarik dan ringkas, mengapa? Karena jika Anda membuat kumpulan rumus menjadi sebuah buku yang menarik tentunya Anda akan selalu membawa dan ingat untuk membuka buku tersebut. Ini salah satu cara efektif dalam mengatasi kelalaian dalam mengingat rumus.

 

Tips # 7 – Aplikasikan matematika dalam masalah nyata.

Sebanyak mungkin aplikasikan matematika yang telah Anda pelajari kedalam masalah nyata sehari-hari. Matematika sangatlah abstrak sehingga perlu sekali Anda mengaplikasikan masalah dalam teori kedalam kehidupan sehari-hari yang Anda temui dan cobalah untuk menghubungkan dengan konsep yang telah Anda pelajari. Hal ini akan merubah perspektif dan pandangan Anda dalam memahami tentang matematika.

Materi peluang sebagai contoh, Anda dapat aplikasikan dengan cara mencoba mempredikasi resiko hasil ketika Anda akan membeli sebuah lotere online yang bersifat gambing. Apakah lebih banyak untungnya atau ruginya.

Terakhir yang tidak kalah penting bahwa Anda harus selalu percaya diri dalam menghadapi sebuah ujian matematika yaitu dengan cara persiapan yang matang sebelum memulai.

Semoga bermanfaat. Silakan Share.

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please wait...

Silakan Bantu Subscribe GRATIS

Dapatkan notifikasi update terbaru via e-mail. Isikan nama dan email Anda terlebih dahulu. Semoga berkah.
Follow This :