Cara Menulis rumus matematika di blog dengan mudah

Cara menulis persamaan dan rumus matematika di blog atau web sangat mudah jika Anda mengetahui kunci dan alat yang digunakan untuk menulis. Anda dapat menulis dengan mudah layaknya menulis di Ms Office. Meskipun begitu Anda membutuhkan tools atau alat yang harus tertanam pada browser Anda dan kemudian Anda tinggal copy paste kedalam blog tersebut.

 Sulitnya menulis matematika

Pada saat ini menulis apapun di blog tentulah sangat mudah. Saat ini sudah banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk menulis. Jika Anda adalah seorang yang gemar menulis, maka akan sangat menyenangkan melakukan kegiatan menulis. Menulis dapat dilakukan secara online maupun offline. Tapi sayangnya tidak semua menulis itu mudah apalagi jika menulis rumus-rumus dan persamaan yang berhubungan dengan matematika. Menulis matematika di blog tentu berbeda dengan menulis matematika di Ms Word atau sejenisnya. Hal ini disebabkan tidak adanya aplikasi yang tersedia di blog seperti yang terdapat di Ms Office. Alasan inilah yang menyebabkan sulitnya menulis di blog.

Perbedaan menulis persamaan dengan ms word

Menulis persamaan matematika di Ms Office pada komputer atau laptop lebih mudah daripada menulis persamaan di aplikasi berbasis web atau blog. Jika Anda menulis di laptop maka secara otomatis Office Anda telah menyediakan alat  untuk menulis rumus-rumus. Anda dapat menggunakan menu equation/object yang terdapat pada menu insert. Melalui menu tersebut Anda bisa menulis rumus apa saja yang sudah disediakan. Terdapat banyak sekali model dan layout yang Anda dapat pergunakan sesuka Anda.

Alat dan Cara menulis simbol matematika di blog

Menulis simbol matematika di blog perlu menggunakan alat yang dinamakan ekstension yang telah diberikan secara free oleh google. Namun untuk menulisnya perlu dilakukan secara online, dan tidak dapat dilakukan secara offline. Dengan menggunakan extension yang bisa di download secara  gratis Anda dapat menulis dengan lancar seperti saat Anda menulis persamaan di Office.

Extension yang digunakan digunakan sebagai alat untuk mempermudah menulis secara langsung. Anda dapat menggunakan berbagai macam extension yang telah diberikan oleh google store secara gratis. Saya merekomendasikan menggunakan sebuah extension yang dinamakan Daum Equation Editor. Anda dapat menambahkan code latex yang telah ditulis menggunakan codecog yang didalamnya sudah menyediakan latex. Anda tinggal gunakan dua alat bantu tersebut untuk menulis dengan mudah layaknya Anda menulis di Ms Office.

Pada kesempatan ini, akan dipandu bagaimana menulis secara online rumus-rumus matematika yang menurut saya sangat mudah dipahami dan tidak perlu kode-kode atau simbol yang rumit. Anda hanya membutuhkan browser yang uptodate untuk menjalankan flash yang terdapat pada extension daum equation editor.

Langkah-langkah:

  1. Anda download terlebih dahulu extension melalui google. Extension “Daum Equation Editor”. Kemudian Anda download dan silakan pasang extension tersebut sampai muncul halaman daum eequation tersebut. Seperti pada gambar dibawah ini.

2. Setelah Anda download daum equation, silakan buka browser “Online latex Equation” pada gambar diatas pada google. Codecogs yang sudah terbuka digunakan untuk mentranfer kedalam latex pada daum equation editor.

3. Jika Anda sudah berhasil mendownload semua maka Anda tinggal mencoba masukkan rumus matematika apa saja yang ingin Anda tulis.

 

Contoh tampilan daum equation edition.

Pada tampilan diatas, apa yang Anda masukkan kedalam rumus maka akan tampil seperti nanti yang ada di blog.

4. Langkah selanjutnya Anda copypaste kode pada daum tersebut dengan melakukan ctrl+A terlebih dahulu dan mengcopy+ paste ke codecogs seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.

Gmabr diatas adalah tampilan codecogs yang telah dicopy paste code dari daum equation.

5. Langkah selanjutnya adalah ubah menjadi “latex” pada tombol dropdown seperti ditunjukkan pada gambar diatas.

6. Copy paste simbol latex pada kolom codecog kedalam postingan Anda, dan Anda akan mendapatkan rumus-rumus dan persamaan matematika seperti yang Anda tulis.

Demikian tutorial menggunakan dan menulis simbol matematika kedalam blog, semoga bermanfaat. Silakan bagikan jika dirasa artikel diatas bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please wait...

Silakan Bantu Subscribe GRATIS

Dapatkan notifikasi update terbaru via e-mail. Isikan nama dan email Anda terlebih dahulu. Semoga berkah.
Follow This :