Belajar Tanpa Batas

Webmatika-Website Pendidikan Berbagi

cara menghitung volume tangki air berbentuk tabung

Cara menghitung volume tangki air berbentuk tabung-Bagaimana cara sobat menghitung rumus volume tangki untuk penampungan air di rumah? Tangki bentuk penampungan air biasanya berbentuk tabung yang cukup lebar.

Bentuk tangki air lebih mudah dihitung menggunakan rumus tabung. Rumus tabung akan kami berikan pada artikel dibawah ini secara lengkap.

cara menghitung volume tangki air

Pada artikel terdahulu telah dibahas mengenai cara menghitung keliling lingkaran . Jadi untuk mendapatkan volume atau isi tabung pertama-tama kita harus menghitung luas alasnya setelah itu tinggal kita kalikan dengan tinggi tabung tersebut.

Rumus volume tabung

Volume=\frac{22}{7}\times r^{2}\times tinggi\: tangki/tabung

dengan:

r: jari-jari tabung/tangki

t: tinggi tabung/tangki

Sekedar gambaran, kita review lagi sedikit soal luas lingkaran. Pi (π) adalah konstanta atau nilai tetap yang nilainya sebesar sekitar 3,14159 atau \frac{22}{7}.

Baca jugaCara menghitung luas segitiga dengan benar

Jadi volume silinder/tangki akan tergantung pada besar jari-jari atau diameter, dan tinggi tabung. Supaya lebih jelas, kita akan terapkan rumus menghitung silinder pada beberapa contoh soal berikut.

Soal 1

Sebuah tangki air berbentuk tabung yang memiliki diameter sebesar 80 cm atau 0,8 meter. Tabung tersebut setelah diukur memiliki tinggi sebesar 1,8 meter. Berapakah kira-kira kapasitas air yang bisa tertampng dalam tangki tersebut secara penuh?

Pembahasan:

Kita dapat menggunakan rumus diatas untuk proses penghitungannya. Kita perlu wajib samakan semua satuannya kedalam meter.

Diketahui r=40 cm atau r=0,4 meter dan tinggi=t=1,8 meter.

V=\frac{22}{7}\times (0,4)^{2}\times 1,8

V=\frac{22}{7}\times (0,16)\times 1,8

V=\frac{6,336}{7}=0,9 \:m^{3}

Jadi volume air yang bisa ditampung maksimal adalah 0,9 meter kubik. Atau jika kita akan merubah menjadi liter maka kita kalikan dengan 1000, karena 1 meter kubik=1000 liter air. sehingga kita dapatkan volume air tertampung sebesar 900 liter.

Dalam prakteknya, meskipun tinggi fisik tangki air berukuran 1,8 meter, tidak berarti mencerminkan bahwa tinggi air yang bisa ditampung dalam tangki adalah benar sama setinggi 1,8 meter.

Ini dikarenakan keberadaan pelampung air analog (ball tap) yang terpasang dalam tangki, membutuhkan ruang cukup luas agar dapat berfungsi dengan benar untuk bekerja membuka-tutup aliran air. Ukuran tinggi ruang yang terpakai kira-kira berkisar antara 10 s/d 15 cm dari tinggi tangki air.

Soal 2

Sebuah gelas keramik berbentuk tabung memiliki wadah untuk menampung air minum dengan diameter 8 cm dan tinggi 10 cm. Berapakah volume air maksimal yang dapat ditampung pada gelas tersebut?

Pembahasan:

Dengan menggunakan rumus tabung, kita langsung dapat menghitung volumenya.

Kita mengetahi bahwa r=4 cm, denga tinggi (t)=10 cm, maka

V=3,14\times 4\times 10=125,6\:cm^{3}

Soal 3

Sebuah botol minuman berbentuk kaleng dan bertuliskan bahwa kaleng tersebut memiliki volume 2500 ml dan tinggi kaleng 15 dm. Berapakah kira-kira diameter kaleng minuman tersebut?

Pembahasan:

langsung saja kita gunakan rumus berikut

r=\sqrt{\frac{7\times volume}{22\times tinggi\:tabung}}

karena volume berbentuk ml, maka kita rubah menjadi 2,5 liter, sehingga nanti satuan jari-jari adalah dm, karena 1 liter = 1dm.

maka

r=\sqrt{\frac{7\times 2,5}{22\times 15}}

r=\sqrt{\frac{17,5}{230}}=0,076\: dm

sehingga kita dapatkan diameter= 2x r= 2×0,076=0,152 dm

jika kita konversi hasilnya ke cm, maka kita dapatkan 1,5 cm.

Baca juga: cara menghitung volume kubus lengkap contoh soal

Demikianlah cara menghitung volume tangki air semoga bisa dimanfaatkan dan dipelajari lebih banyak.

 

 

Belajar Tanpa Batas © 2021 Frontier Theme