Aplikasi Matematika pada bidang pertanian dan kesehatan

Sebelum saya memaparkan permasalahan sehari-hari atau permasalahan aplikasi matematika pada bidang pertanian dan kesehatan yang terkait pemodelan matematika, saya akan menjelaskan terlebih dahulu tahapan-tahapan dalam menyelesaikan permasalahan terkait pemodelan matematika pada bidang pertanian. Langkah-langkah tersebut antara lain :

Langkah-langkah

1. Pengidentifikasian

Langkah awal dalam mengidentifikasi masalah terkait model matematika yaitu kita perlu membaca masalah dengan cermat kemudian menentukan apa yang diketahui dan apa yang belum diketahui atau dicari. Dalam hal ini, informasi yang diketahui haruslah ditulis secara lengkap.

2. Pedefinisian

Gunakan variabel untuk menyatakan apa yang dicari atau ditanyakan.

3. Penyelesaian

Konstruksi diagram atau bagan untuk memudahkan atau menentukan hubungan yang ada antara unsur-unsur dan variabel yang diketahui. Nyatakan model matematika yang dicari dalam bentuk persamaan atau pertidaksamaan atau sistem persamaan.

4. Penginterpretasian

Menginterpretasikan hasil matematis ke dalam situasi nyata yaitu dengan menarik kesimpulan.

 

Kasus masalah kesehatan

Seorang yang terkena Demam Berdarah (DB), jumlah hemoglobin per mililiter darah akan berkurang drastis karena dihancurkan oleh virus. Oleh karena itu, penderita demam berdarah harus dirawat dirumah sakit untuk menaikan dan mempertahankan jumlah trombosit antara 150.000 mm3 sampai dengan 400.000 mm3

Dimisalkan rumah sakit memutuskan untuk penderita yang sudah positif DB jumlah trombositnya harus dinaikan dan dipertahankan sebesar 175.000 mm3

 dalam beberapa hari untuk mengantisipasi timbulnya virus yang lebih ganas. Jika pengaruh psikologi karena perawatan terjadi penyimpangan jumlah trombosit sebesar 10.000 mm3

,tentukan interval perubahan jumlah trombosit untuk mempertahankan kondisi normal ?

Penyelesaian :

Pada kasus DB tersebut, harus dipertahankan selama beberapa hari dengan jumlah trombosit sebesar 175.000 mm3

Misalkan x adalah jumlah kemungkinan perubahan jumlah trombosit akibat pengaruh psikologi perawatan, dengan perubahan jumlah trombosit yang diharapkan hanya 10.000 mm3

. Maka nilai mutlak jumlah trombosit tersebut dapat dirumuskan sebagai berikut .

|x175.000|10.000

10.000x175.00010.000

10.000+175.000x10.000+175.000

165.000x185.000

Jadi, jumlah trombosit untuk mempertahankan kondisi normal berkisar antara 165.000 sampai 185.000

Baca Juga:
Kasus masalah pertanian

Dua jenis mesin penggiling padi digunakan untuk menggiling satu peti padi. Untuk menggiling satu peti padi, mesin jenis pertama lebih cepat 0,5 jam dari mesin jenis kedua. Sementara jika kedua mesin digunakan sekaligus, dapat menggiling satu peti padai selama 6 jam.

a. Berapa lama waktu yang digunakan mesin jenis pertama untuk menggiling satu peti padi.

b. Berapa jam waktu yang digunakan mesin jenis kedua untuk menggiling satu pedi padi.

Sebelum membuat model matematika terhadap soal tersebut, pengerja soal harus sudah memasuki tahap pengidentifikasian yaitu langkah awal mengidentifikasi masalah dengan cara membaca dengan cermat dan menentukan apa yang diketahui:

Setelah itu masuk ke tahap pendefinisian, pengerja soal mendefinisikan apa yg diketahui dengan membuat model matematika.

tahap tersebut adalah tahap akhir dari tahap penyelesaian dari masalah tersebut

jadi waktu yang digunakan mesin jenis pertama untuk menggiling satu peti padi adalah 11,75 jam

Jika pengerjaan soal sudah dapat menentukan kesimpulan seperti diatas maka pengerja soal sudah menyelesaikan tahap penginterpretasian yakni tahap untuk menginterpretasikan hasil matematis ke dalam situasi nyata yaitu dengan menarik kesimpulan.

b. Setelah diketahui waktu yang digunakan mesin jenis satu tA dapat ditentukan pula waktu yang digunakan mesin jenis kedua tB dengan memperhatikan persamaan berikut :

tB=tA+0,5

   =11,75 +0,5

  =12,25 jam 

Maka waktu yang digunakan untuk mesin jenis kedua untuk menggiling satu peti padi yaitu 12,25 jam.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please wait...

Silakan Bantu Subscribe GRATIS

Dapatkan notifikasi update terbaru via e-mail. Isikan nama dan email Anda terlebih dahulu. Semoga berkah.
Follow This :