4 Aplikasi Online Pembelajaran Jarak Jauh yang Simpel

Aplikasi kegiatan pembelajaran daring disekolah-sekolah saat ini menjadi solusi yang paling efektif dan efisien untuk memudahkan kegiatan belajar mengajar secara online bagi para guru dan dosen serta siswa.

Kehadiran platform-platform baru untuk tujuan belajar daring semakin mudah ditemukan. Tentu saja hal ini membantu pelajar di Indonesia untuk tetap aman belajar di rumah, tanpa dibatasi ruang/tempat dan waktu.

Sekali lagi hal ini demi membantu siswa saat mengikuti pembelajaran jarak jauh terkait kebijakan pemerintah karena penyebaran virus corona.Karena itu, pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) RI, bekerjasama berbagai platform yakni menyediakan aplikasi pembelajaran daring.

Istilah pembelajaran daring di Indonesia sendiri mulai populer beberapa tahun terakhir. Sistem ini pun kerap dimanfaatkan guru dan siswa, atau dosen dan mahasiswa untuk bisa berinteraksi jarak jauh.

Dirangkum dari webmatika.com, berikut ini rekomendasi platform atau aplikasi pembelajaran daring di Indonesia terbaik dan gratis:

1. Zoom

Sumber Gambar: Dokumentasi penulis

Zoom us atau istilahnya zoom adalah aplikasi virtual meeting yang dibuat oleh miliarder, Eric Yuan, yang didirikan pada bulan Januari 2013. Selain bentuk aplikasi di HP, Zoom juga dapat diakses melalui website, baik untuk OS Mac, Windows, Linux, iOS, dan Android. Aplikasi virtual meeting ini dilengkapi fitur beragam, mulai dari gratis (basic) hingga premium (berbayar).

Ketika Anda mendaftarkan diri, maka Anda berada di jenis akun Basic (gratis) yang memiliki beberapa fitur keuntungan, seperti:

  • Dapat melakukan meeting maksimal 100 partisipan/user
  • Gratis 40 menit video conference untuk rapat kelompok, kalian dapat mengulang lagi jika durasi sudah habis
  • Kualitas suara dan gambar HD
  • Screen-sharing berbagai file
  • Akses ke virtual background
  • Menjadwalkan hingga merekam keseluruhan meeting
  • Membagi partisipan menjadi beberapa “ruangan” dengan fitur Breakout Rooms

Jika Anda membutuhkan pertemuan rapat virtual untuk lebih dari 40 menit atau lebih dari 100 partisipan, Anda bisa menggunakan akun Pro, Business, atau Enterprise dengan harga mulai dari US$14,99 atau sekitar Rp200 ribuan per bulan.
Untuk mendaftar ke zoom maka Anda langsung bisa menuju ke halaman pendaftaran di situs: zoom.us

Keamanan zoom akhir-akhir ini pernah marak adanya isu ketidakamanan dalam penggunaaan virtual meeting. Hal ini dikarenakan adanya fitur berbagi file. Fitur ini kemungkinan bisa disusupi oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Namun demikian, pihak zoom selalu melakukan perbaikan dan update aplikasi agar tidak terjadi hal-hal yang meresahkan. Berikut tips agar aman dalam menggunakan zoom:

  • selalu update zoom Anda
  • usahakan menggunakan akun berbeda saat mendaftar atau menggunakan akun baru
  • password akun zoom dibuat kuat dan rumit
  • Jika Anda sebagai Host maka selalu aktifkan fitur waiting room setelah penjadwalan
  • mematikan fitur “remote support” dan “remot control” diakun
  • menonaktifkan screen sharing untuk peserta yang tidak diperlukan

Pada akhirnya sampai saat ini zoom masih merupakan aplikasi umum yang banyak digunakan di sekolah dan kantor-kantor untuk kepentingan pembelajaran maupun rapat-rapat. Hal ini dikarenakan zoom yang efektif dan efisien serta mudah dalam mengoperasikannya. Selain itu zoom juga gratis dan sesuai bisa diatur sesuai keperluan.

2. Google Classroom (GCR)

Aplikasi ini merupakan layanan web gratis yang disediakan oleh google untuk kegiatan pendidikan/sekolah pada khususnya. Tujuan google classroom adalan merapikan dan mengkoordinaksikan kegiatan di pembelajaran agar lebih rapi dan terprogram.

Aplikasi online ini dapat digunakan untuk interaksi antara guru dan siswa, berbagi file, mengupload dan mengunduh file dari siswa maupun guru. Siswa dapat menggunakan apliaksi ini melalui web maupun terinstall di perangkat android.

sumber foto: Dokumen pribadi

Tujuan utama Google Classroom adalah untuk merampingkan proses berbagi file antara guru dan siswa. Selain itu Google Classroom juga menggabungkan Google Drive untuk pembuatan dan distribusi penugasan, Google Docs, Sheets, Slides untuk penulisan, Gmail untuk komunikasi, dan Google Calendar untuk penjadwalan. Siswa dapat diundang untuk bergabung dengan kelas melalui kode pribadi, atau secara otomatis diimpor dari domain sekolah.

Penggunaan Google Classroom sangatlah mudah dan tidak rumit. Guru atau dosen dapat menyiapkan kelas dan mengundang siswa serta asisten pengajar. Di halaman Tugas Kelas, mereka dapat berbagi informasi—tugas, pertanyaan, dan materi.

Dengan Google Classroom, pengajar dapat menghemat waktu dan kertas. Mereka dapat membuat kelas, memberikan tugas, berkomunikasi, dan melakukan pengelolaan, semuanya di satu tempat. Google Classroom juga menawarkan pengelolaan yang lebih baik.

Siswa dapat melihat tugas di halaman Tugas, di aliran kelas, atau di kalender kelas. Semua materi kelas otomatis disimpan dalam folder Google Drive.

Fitur di google clasroom sangat beermanfaat dan mengakomodir keperluan pengajar. Maka tidak heran bahwa GCR sudah di gunakan secara umum dikalangan sekolah dan sudah di download jutaan user di seluruh dunia. Karena fitrunya yang free alias gratis, maka penyimpanan di google classroom mengikuti kapasitas masing-masing akun google.

3. Google Formulir (Google form)

Google Form atau yang disebut google formulir adalah aplikasi milik google yang berupa alat yang berguna untuk membantu anda merencanakan acara, mengirim survei, memberikan siswa atau orang lain kuis, atau mengumpulkan informasi yang mudah dengan cara yang efisin secara online.

Sumber foto: Dokumentasi penulis

Untuk dapat menggunakan google formulir maka Anda harus memiliki akun google terlebih dahulu. Google form ini sifatnya gratis dan dapat dipakai dalam jumlah yang besar tanpa batas sesuai keperluan masing-masing.

Setiap pengguna gmail pasti memiliki fitur ini. Pengguna dapat mengakses google formulir dengan masuk ke drive gmail masing-masing.

Google form ini sangat mudah digunakan. Semua fitur yang terdapat di google formulir ini misalnya terintegrasi dengan google sheet. Semua data yang sudah terisi dapat langsung dilihat dan di download dengan rapi menggunakan google sheet.

Selain itu google form juga realtime artinya data update setiap saat. Terdapat summary atau ringkasan dalam bentuk grafik maupun diagram yang berwarna. Pengguna hanya menyimpulkan saja hasil dari kegiatan survey yang dilakukan.

4. Mejakita

Belajar online dimasa pandemi saat ini sangat tergantung dengan internet dan aplikasi online. Salah satu aplikasi online yang berbasis web adalah MejaKita.

Sumber foto: dokumen pribadi

Sekarang dengan majunya teknologi, belajar bersama tak harus bertatap muka.Hanya dengan menggunakan satu aplikasi satu siswa dapat bertukar catatan atau saling berbagi rumus dengan siswa lain, bahkan beda sekolah atau beda daerah secara real time.

MejaKita bukanlah aplikasi bimbel online tetapi sebuah platform belajar bersama. MejaKita memiliki beberapa fitur yaitu Diskusi PR, Berbagi Catatan, Latihan Soal, Materi Belajar, Belajar Bersama dan Rumus.

Untuk fitur Diskusi PR user MejaKita cukup membayar maksimal Rp 3.000 untuk satu soal dengan empat sub bab pertanyaan. Sedangkan fitur Berbagi Catatan, siswa hanya perlu membayar Rp 1.000 saja untuk tiap catatan.

Keuntungan yang diperoleh siswa yang melakukan diskusi di MejaKita ialah mereka bisa mendapat penghasilan (uang) dari pertanyaan yang mereka jawab dari peserta lain atau catatan yang dibagikan ke lainnya.

Untuk catatan, siswa wajib mengunggah minimal 2 bagian foto catatan mereka dan secara otomatis catatan akan tersimpan di filen MejaKita.

Semoga informasi tersebut bermanfaat.

Follow This :